Skip to main content

Konfigurasi DHCP pada mikrotik

           Assalamualaikum,Kali ini saya akan share bagaimana cara kofigurasi dhcp pada mikrotik.Karena sudah malem saya langsung ke tutorialnya saja

Bahan2:
1.1 buah pc
2. Aplikasi Virtual box atau vmware
3.Os mikrotik
4.aplikasi browser

Langkah2:
1.Install Seperti biasa mikrotik(saya sudah jelaskan di postingan saya sebelumnya)
2.Login dengan Username:admin pass:(kosongkan)

3.Masukkan perintah "system package" setelah itu ketikan Beberapa perintah dibawah ini

4.Sekarang ita tambahkan interfacenya dengan cara ketikan perintah interface lalu ketikan

5.Ktikan pr untuk mengecek apakah yg kita tambahkan sudah sesuai
6.Setting ip address,ketikan(itu seharusnya ada /24)

7.setelah itu pr lagi.untuk mengecek
8.ketikan ip route untuk menambahkan gateway.gateway yang diguakan adalah gateway ip client(192.168.1.2)

9.Nah sekarang kita setting ip client dengan cara klik kanan network,lalu ke network sharing center-change adapter setting-klik kanan pada vbox-properties-ipv4-ketikkan ipnya sesuai dengan gateway yang telah kita beri tadi,lalu gatewaynya pake ip yang public

10.buka browser dan ketikkan ip server 192.168.1.1

11.dan kamu akan di alihkan ke web config
12.Masuk ke ip-dhcp server,karena yang akan kita setting adalah ip public jadi kita pilih public

13.next next saja sampai selesai,lalu kalian pergi ke menu pool,otomatis kalian akan ada sendiri.Tapi saya akan mengubah ip poolnya dari 192.168.1.3-1.254 menjadi 192.168.1.3-1.100.Biar beda aja hehe.

14.Sekarang ke menu yang tadi yang setting ip.Lalu ubah ip jadi automatic

15.lalu kita ke menu sebelum ipv4 dan check details

16.Berhasil...Ip dhcp telah diberikan

Sekian dari saya
Wassalam...

Comments

Pageviews

Get in Touch with me